0 5 min 1 week

Apa Industri Terbesar Di Rumania? –  Rumania adalah negara berpenghasilan menengah ke atas, dengan ekonomi campuran, dan menempati peringkat tertinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia. Negara ini adalah bagian dari Uni Eropa dan menempati urutan ke-16 di seluruh Uni Eropa dalam hal PDB nominal, sementara ke-13 dalam paritas daya beli. Secara global, Rumania memiliki ekonomi terbesar ke-41 dengan output tahunan $ 435.454 juta dan diperkirakan akan mencapai $ 1 triliun pada tahun 2035. Ekonomi Rumania disebut ekonomi harimau karena perkembangannya yang cepat dan tingkat perkembangan yang tinggi.

Apa Industri Terbesar Di Rumania?

carpinet – Pada tahun 2009, perkembangan ekonomi negara itu dianggap yang tercepat di Eropa, dengan pertumbuhan 8,4% dibandingkan tahun 2008, yang berada di atas rata-rata Uni Eropa. Rumania memiliki cadangan besar sumber daya mineral seperti uranium, garam, tembaga, nikel, bijih besi, minyak dan gas alam. Rumania adalah negara terkemuka di berbagai bidang seperti produksi mobil dan TI. Ibukota negara adalah Bukares dan merupakan salah satu pusat industri dan keuangan terbesar di Eropa Timur. Pada tahun 2016, Rumania mencatat perkembangan ekonomi tertinggi di seluruh Uni Eropa, menurut Eurostat, dengan pertumbuhan PDB lebih dari 6%. IMF menyatakan bahwa Rumania memiliki perkembangan ekonomi terbesar di tahun 2016 dan 2017. Perkiraan perkembangan ekonomi di Rumania diperkirakan akan mencapai 4,5% dan 4,1% untuk 2018 dan 2019.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Anda Ketahui Di Rumania

Pertanian

Pertanian di Rumania memainkan peran penting dan mempekerjakan sekitar 29% dari tenaga kerja negara itu, yang merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa. Pertanian negara itu menyumbang sekitar 8,1% dari PDB. Negara ini memiliki kapasitas pertanian sekitar 14,7 juta hektar, di mana hanya 10 juta yang merupakan lahan subur. Mekanisasi pertanian negara itu masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. Rumania memiliki traktor di lahan 54 hektar, sedangkan di Uni Eropa umumnya traktor di lahan 13 hektar.

Ada sekitar 170.000 traktor di negara ini dan 80% sudah usang atau menua, dan banyak petani di negara ini menggunakan peternakan kuda dan tenaga hewan lainnya. Tantangan utama yang dihadapi pertanian di Rumania adalah kurangnya investasi penting karena masalah dengan akses ke dana yang tersedia, erosi tanah yang parah dan teknologi yang ketinggalan zaman. Pertanian skala besar menjadi ciri wilayah Barragan di tenggara Rumania, sementara unggas, produk susu, babi, dan apel terkonsentrasi di barat wilayah tersebut. Produksi daging sapi lebih terkonsentrasi di Rumania yang beriklim sedang, sementara bahan mentah lainnya seperti buah, anggur, dan sayuran lebih terkonsentrasi di Rumania yang beriklim sedang dan selatan. Negara ini merupakan produsen utama lebih dari satu produk pertanian dan saat ini sedang mengembangkan perikanan dan kehutanan.

Pertambangan

Rumania adalah salah satu dari 10 negara teratas di dunia dengan produksi mineral paling beragam, dan sekitar 60 mineral berbeda diproduksi di negara ini. Rumania memiliki cadangan yang cukup dari berbagai jenis mineral untuk memasok produk manufaktur negara itu. Negara ini juga mengimpor minyak mentah, antrasit, batu bara, dan bitumen. Pada tahun 2007 Rumania mengekstraksi sekitar 565.000 ton besi, 47.000 ton bijih seng, 4.000 ton tungsten dan 34 juta ton batu bara.

Mineral yang paling melimpah di negara ini adalah halit, atau natrium klorida. Negara ini dianggap sebagai penghasil minyak dan produksinya tidak cukup untuk menghidupi dirinya sendiri, dan Rumania masih mengimpor gas. Ada jaringan pipa yang luas untuk transportasi minyak mentah, produk minyak bumi dan gas alam, dan memiliki salah satu pipa terpanjang di dunia. Mineral penting lainnya di negara ini adalah tembaga, bijih besi, kromium, merkuri, uranium, barit, emas, antimon, celestine, ampelas, batu kapur, marmer, magnesium, feldspar, batu apung, tanah liat, dan pirit. Wilayah Rosia Montana diperkirakan memiliki deposit emas terpenting di seluruh Eropa, senilai deposit emas besar dan perak senilai sekitar $3 miliar.

Baca Juga : Wisata Kastil di Belgia yang Bisa Kamu Sewa

Manufaktur

Sektor manufaktur di Rumania mengalami pertumbuhan besar-besaran pada tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016, yang meningkat sebesar 11,5%, dan pesanan yang masuk di industri terus meningkat sebesar 12,9% pada periode yang sama. Rumania saat ini merupakan pusat pertumbuhan di Eropa, dan pasar otomotif sudah tumbuh pada tingkat 18% per tahun, dan perkiraan untuk tahun 2009 diperkirakan akan melebihi 20 miliar euro pada tahun 2020 dunia. CEE dan lebih dari satu perusahaan mobil di negara ini, termasuk dua pabrikan besar yang berbasis di Mioveni dan Craiova, dan itu adalah Dacia dan Ford.

Lebih dari 600 produsen OEM untuk pemasok otomotif memiliki dibangun yang cukup untuk pasar lokal maupun untuk pasar ekspor. 410.397 mobil diproduksi di negara itu pada tahun 2013, meningkat dari 78.165 pada tahun 2000. Pada tahun 2004 Rumania memiliki pangsa terbesar pasar dunia untuk peralatan mesin dengan 5,3%. Perusahaan manufaktur besar lainnya di Rumania termasuk Petrom, Bitdefender, Mobexpert, dan Romstal. Ada banyak perusahaan manufaktur kecil dan menengah lainnya yang membentuk sebagian besar industri manufaktur Rumania.