0 14 min 5 dys

Fakta Seru Dan Menarik Tentang Rumania – Selain tradisi budaya yang kaya , masakan lezat dan tempat-tempat unik untuk dikunjungi, ada beberapa fakta menarik dan menyenangkan tentang Rumania yang hanya sedikit orang yang tahu.

Fakta Seru Dan Menarik Tentang Rumania

carpinet – Jadi jika Anda penasaran untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa hal menarik tentang Rumania:

1. Bangunan terberat di dunia ada di Rumania

Tahukah Anda bahwa menurut Guinness World Records, gedung terberat di dunia ada di Rumania? Istana Parlemen di Bukares berisi 700.000 ton baja dan perunggu, 1.000.000 kaki persegi marmer, 3.500 ton kristal, dan 900.000 meter persegi kayu.

Istana juga merupakan gedung administrasi terbesar kedua di dunia (setelah Pentagon), meliputi 365.000 meter persegi (3.930.000 kaki persegi) dan 1.100 kamar.

Struktur raksasa adalah gagasan mantan diktator Rumania, Nicolae Ceausescu, yang tidak mengeluarkan biaya untuk membangunnya. Meskipun menjadi kenang-kenangan sedih untuk kegilaan diktator, Istana Parlemen adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Rumania . Adapun pelindungnya Ceausescu dieksekusi sebelum dia bisa melihat kastil impiannya selesai.

Baca Juga : Panduan Perjalanan Wisata Transylvania Di Rumania

2. Rumania memiliki desa berbentuk bulat sempurna

Hanya 40 km dari Timisoara adalah satu-satunya desa melingkar di Rumania: Charlottenburg (atau Sarlota). Desa ini dibangun oleh pemukim Jerman pada paruh kedua abad ke-18, setelah model Roundlings di Jerman.

Rumah-rumah dibangun secara radial di sekitar alun-alun, bahkan pada jarak satu sama lain. Namun, bentuk bulat sempurna hanya terlihat dari atas.

3. Rumania adalah rumah bagi gereja kayu tertinggi di dunia

Tahukah Anda bahwa gereja kayu tertinggi di dunia ada di Rumania? Menara gereja Biara Sapînta-Peri di wilayah Maramures tingginya 78 meter dan memiliki salib setinggi 7 meter.

Anda dapat melihat replika menara gereja ini di Museum Desa di Bukares .

4. Kota Eropa pertama yang memiliki lampu jalan listrik ada di Rumania

Kami memberikan sedikit pemikiran untuk lampu jalan listrik hari ini. Tetapi pada abad ke-19, ketika lampu gas digunakan untuk menerangi jalan, memperkenalkan lampu jalan listrik adalah masalah besar.

Bayangkan tidak harus membayar ribuan pekerja yang harus menyalakan lampu gas setiap malam dan kemudian memadamkannya setiap pagi! Yang menarik dari semua kota di Eropa, Timisoara di Rumania, adalah yang pertama memasang lampu jalan pada tahun 1884.

5 . Mesin jet modern ditemukan oleh seorang Rumania

Henri Coanda adalah pelopor dan insinyur aerodinamika Rumania. Pada tahun 1910 ia mengembangkan pesawat eksperimental yang menggunakan mesin jet pertama di dunia.

Selama Perang Dunia ke-2, ada banyak penemu berbeda yang mencoba menyempurnakan model asli mesin jet yang ditemukan oleh Henri Coanda. Berkat penemuan dan penemuan Coanda, terbang menjadi mungkin saat ini.

6. Rumania memiliki ‘Merry Cemetery’ yang sangat bagus

Bagi kebanyakan orang, kuburan adalah tempat yang menyedihkan dan tidak nyaman untuk dikunjungi, tetapi tidak demikian halnya dengan Pemakaman Merry di desa Sapînta, Rumania. Penanda kuburan di kuburan ini memiliki rasa keceriaan, bukan kesedihan.

Diukir dari kayu, batu nisan berwarna-warni menampilkan ilustrasi sederhana dari gambar almarhum dan batu nisan yang lucu, seperti ini misalnya:

  • “Di sini saya beristirahat. Stefan adalah namaku. Selama saya hidup, saya suka minum.”
  • Orang Rumania memiliki selera humor yang bagus !

7. Beberapa aktor Hollywood terkenal lahir di Rumania

Ada banyak orang Rumania yang telah membintangi film-film Hollywood. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa aktor Hollywood terkenal sebenarnya lahir di Rumania?

Diantaranya adalah Edward G. Robinson (terkenal karena peran gangsternya di usia awal sinematografi); Johnny Weissmuller (aktor pertama yang memainkan peran Tarzan dalam film ” Tarzan the Ape Man “); Dustin Hoffman (dianggap sebagai salah satu aktor terbaik dalam sejarah); Harvey Keitel (aktor dan produser yang muncul di banyak film terkenal).

8. Rumania berada di tengah-tengah antara Khatulistiwa dan Kutub Utara

Secara geografis, Rumania terletak di belahan bumi utara, tetapi ada beberapa fakta menarik tentang posisinya. Rumania berada di tengah-tengah antara Khatulistiwa dan Kutub Utara. Juga, jaraknya sama dari bagian paling barat Eropa Pantai Atlantik dan bagian paling timur Pegunungan Ural.

9. Ada Versi Rumania dari ‘Gunung Rushmore’ di Sungai Danube

Diukir di tepi berbatu Sungai Danube, dekat kota Orsova, adalah patung batu tertinggi di Eropa, patung Raja Dacia Decebal (tinggi 135 kaki).

Monumen, yang merupakan penghormatan kepada raja terakhir Dacia (sekarang Rumania), membutuhkan waktu 10 tahun untuk dibangun dan menelan biaya lebih dari satu juta dolar AS.

10. Rumania memiliki Arc de Triomphe sendiri

Ya, memang benar, Rumania memiliki Triumphal Arch ( Arcul de Triumf ) sendiri dan fakta yang menarik adalah bahwa itu adalah replika identik dari Arc de Triomphe de l’Étoile di Paris.

Arcul de Triumf di Bucharest awalnya dibangun dari kayu, tak lama setelah Rumania memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1878. Namun pada tahun 1936 sebuah lengkungan kemenangan baru menggantikan struktur kayu lama yang hancur. Lengkungan baru dimodelkan setelah Arc de Triomphe de l’Étoile, di Paris.

11. Kastil Peles di Rumania adalah kastil Eropa pertama yang sepenuhnya diterangi oleh arus listrik

Kastil Peles Rumania yang terkenal, terletak di resor pegunungan Sinaia, adalah kastil pertama di Eropa yang memiliki elektrifikasi. Listrik berasal dari pabrik kastil itu sendiri.

Peles, yang merupakan salah satu kastil terindah di Rumania, adalah tempat peristirahatan berburu kerajaan Carol I dari Hohenzollern, Raja Rumania.

12. Kota Rumania adalah kota pertama di Eropa yang memperkenalkan trem yang ditarik kuda

Pada tahun 1869, Timisoara adalah kota Eropa pertama yang memperkenalkan trem yang ditarik kuda.

13. Salah satu gletser bawah tanah terbesar di Eropa ada di Rumania

Jauh di dalam hutan Gunung Apuseni di Rumania, terletak gletser bawah tanah terbesar kedua di Eropa tenggara: gletser di Scarisoara. Ini juga salah satu balok es raksasa tertua di planet ini. Penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa gletser berusia lebih dari 3.500 tahun.

Gua Es Scarisoara cukup spektakuler dan merupakan salah satu dari banyak alasan untuk mengunjungi Rumania .

14. Rumania adalah negara komunis pertama yang pernah memenangkan Piala Eropa

Pada tahun 1986, klub sepak bola Rumania Steaua Bucureşti menjadi klub Eropa Timur pertama yang memenangkan gelar Piala Champions Eropa yang bergengsi.

Ini adalah masalah kebanggaan nasional yang besar, karena sepak bola sejauh ini merupakan olahraga paling populer di Rumania.

15. Delta Danube adalah delta yang paling terpelihara di Eropa

Tersebar di lebih dari 1.500.000 hektar, Delta Danube adalah delta terbesar dan terpelihara terbaik di Eropa.

Delta Danube adalah rumah bagi ratusan spesies burung, terutama dua spesies pelikan, bangau, bangau, kormoran, dan dara laut.

FAKTA MENYENANGKAN LAINNYA TENTANG ROMANIA

1. Pesenam Rumania Nadia Comăneci adalah orang pertama yang mencetak angka sempurna “10” di Olimpiade dan memenangkan tiga medali emas, satu perak dan satu perunggu, semuanya pada usia 15 tahun.
2. Rumania telah mencapai final Piala Davis tiga kali .
3. Banyak adegan dalam film Borat sebenarnya diambil di Glod, sebuah desa kecil di Rumania, bukan di Kazakhstan.
4. Rumania memiliki taman hiburan bawah tanah dan museum yang terletak di Salina Turda, bekas tambang garam.
5. Merek kopi Illi yang terkenal didirikan oleh seorang Rumania

Memiliki gereja yang luar biasa

Dari gereja kayu dan biara yang dicat, hingga sinagoga dan katedral megah, Rumania memiliki banyak tempat ibadah yang indah. Selama era Komunis, banyak gereja tua dan bersejarah di Bukares telah dihancurkan. Namun ajaibnya, sejumlah besar dari mereka selamat.

Uni Eropa menginvestasikan dana yang serius untuk membangun kembali beberapa daerah bersejarah di negara itu. Akibatnya, sebagian besar monumen keagamaan yang indah ini mendapatkan kembali kejayaannya.

Sangat mudah untuk dikunjungi

Sebagai bekas negara komunis, Rumania biasanya bukan tempat yang harus dilihat orang-orangnya. Tapi itu hanya karena mereka tidak tahu apa yang diharapkan. Tempat wisata di Rumania mudah untuk dikunjungi karena Anda tidak akan menemui banyak batasan dan batasan seperti di negara lain.

Anda bisa berjalan sendiri di sebuah kastil tanpa harus menunggu tur berpemandu. Anda juga bisa berfoto di gereja tua, asalkan tidak mengganggu jamaah.

Situs bersejarah tidak terlalu ramai dan pengambilan gambar tidak dilarang di sebagian besar tempat. Sayangnya, hal ini mulai berubah akhir-akhir ini karena jumlah wisatawan yang berkunjung ke Rumania meningkat setiap tahun.

Memiliki pemandangan yang indah

Ada banyak sekali tempat unik untuk dikunjungi di Rumania . Negara ini menikmati pemandangan yang sangat beragam. Dari puncak gunung yang tingginya mencapai hampir 3.000 meter, hingga perbukitan dan dataran, Delta Danube dan pantai Laut Hitam.

Ada sungai, sungai, dan danau yang tak terhitung jumlahnya di negara ini Ada dua jalan raya utama yang melintasi Pegunungan Carpathian: Transalpina dan Transfagarasan yang berjalan di ketinggian yang sangat tinggi, dengan tikungan dan belokan dan jurang yang dalam, sama-sama indah dan berbahaya.

Memiliki kastil dan benteng yang indah

Ada banyak benteng dan kastil abad pertengahan yang indah di Rumania . Tempat-tempat seperti Kastil Peles yang elegan , Kastil Bran , atau Kastil Corvin, terkenal di seluruh Eropa.

Rumania masih merupakan tujuan anggaran di mana dolar Anda pergi jauh. Harga hotel dan makanan sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Makanan juga sangat murah. Sepotong roti adalah $0,30. Satu pon tenderloin daging sapi adalah $3,50. Sebotol bir domestik adalah $1,50. Jadi itu untuk alasan yang baik mengapa Rumania menganggap dirinya sebagai salah satu negara termurah untuk dikunjungi di Eropa .

Restoran dan kafe bisa sedikit lebih mahal di dekat lokasi wisata, tetapi tetap terjangkau. Biaya masuk untuk museum dan atraksi lainnya juga sangat wajar dan begitu juga transportasi umum (bus, metro, atau taksi).

Sistem kereta api Rumania adalah salah satu yang terbesar di dunia dan harganya sangat murah. Banyak maskapai penerbangan murah Eropa menghubungkan kota-kota Rumania dengan negara-negara Eropa lainnya.

Rumania juga bagus untuk dikunjungi jika Anda backpacking melalui Eropa . Dengan begitu banyak akomodasi dan restoran murah, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam di negara ini.

Makanan lezat dan restoran bersejarah

Makanan lezat selalu menjadi bagian dari budaya Rumania. Hampir di mana saja Anda makan makanannya enak. Masakan Rumania memiliki beberapa pengaruh Hungaria, Jerman, dan Turki tetapi masih mempertahankan karakternya yang dapat diidentifikasi.

Contohnya adalah sup asam klasik (“ ciorba “) yang dibuat dengan “ borş ” (cairan asam yang terbuat dari gandum dan bunga jagung). Atau pastrami daging kambing goreng dengan polenta. Jadi, jika Anda suka makan, kemungkinan besar berat badan Anda akan bertambah saat mengunjungi Rumania.

Tetapi selain makanan lezat, Rumania juga merupakan rumah bagi banyak restoran luar biasa yang mengkhususkan diri pada hidangan tradisional Rumania, tetapi juga restoran mewah yang berspesialisasi dalam masakan internasional.

Beberapa restoran terbaik di Rumania ada di Buchares t , seperti Caru’ cu Bere, Hanu’ lui Manuc, Hanu’ Berarilor, The Artist, dll. Ada juga beberapa restoran vegan yang enak di Bucharest bagi mereka yang tertarik makan makanan vegetarian.

Kota-kota yang indah, kota-kota Abad Pertengahan, dan desa-desa tua yang otentik

Rumania adalah rumah bagi banyak kota besar . Meskipun mereka tidak memiliki kemewahan dari rekan-rekan mereka di Eropa Barat, mereka sama-sama menarik dan menyenangkan untuk dikunjungi. Ada juga banyak kota abad pertengahan yang terpelihara dengan indah, seperti Brasov , Sighisoara , Sibiu , Cluj, atau Alba Iulia yang benteng-bentengnya membuat Anda merasa seperti kembali ke masa lalu.

Di seluruh Transylvania ada desa-desa yang hampir tidak terpengaruh oleh peradaban modern, masih tampak seperti tiga abad yang lalu. Seperti misalnya desa Viseul de Sus , di mana Anda bisa naik Mocanita , salah satu lokomotif mesin uap nostalgia.

Delta Danube

Tersebar lebih dari 1.500.000 hektar, Delta Danube adalah delta terbesar dan terpelihara terbaik di Eropa, rumah bagi ratusan spesies burung, terutama dua spesies pelikan, bangau, burung kormoran, dan dara laut.

Ada banyak situs indah di Rumania yang patut dikunjungi, tetapi jika Anda seorang pengamat burung dan pecinta alam murni, Anda tidak boleh melewatkan yang satu ini. Ini adalah delta terbesar dan terpelihara terbaik di Eropa, dengan lebih dari 300 spesies burung yang hidup di danau dan rawa-rawanya. Delta Danube adalah habitat yang dilindungi dan dinyatakan sebagai cagar biosfer.

Biara Bercat Bucovina

Di antara gereja-gereja paling indah di Rumania adalah sekelompok 8 Biara Lukis yang terletak di bagian timur laut Rumania, di Bucovina . Gereja-gereja tersebut berasal dari abad pertengahan (abad ke-15 hingga ke-16). Dalam kebanyakan kasus mereka telah didirikan sebagai tempat pemakaman bagi keluarga bangsawan di daerah tersebut.

Gereja-gereja ini sangat terpelihara dengan baik dan benar-benar unik. Tidak ada tempat lain di dunia di mana Anda dapat menemukan kelompok seperti itu, dengan lukisan dinding interior dan eksterior berkualitas tinggi. Lukisan-lukisan dinding mewakili adegan-adegan alkitabiah dari Perjanjian Lama dan Baru.

Para pelukis (kebanyakan dari mereka tidak diketahui) memberikan interpretasi mereka sendiri pada adegan-adegan alkitabiah. Juga, mereka menggunakan warna yang sangat spesifik untuk setiap biara. Seperti biru Voronet yang terkenal, merah Humor, kuning Moldovita dan hijau Arbore.

Lukisan dinding Bizantium yang menutupi fasad gereja memiliki nilai seni yang tak ternilai. Pada tahun 1993, delapan dari Biara Lukis Bucovina telah dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia.

Pada akhirnya, betapapun indahnya sebuah negara, rakyatnyalah yang akan membuat perbedaan. Orang Rumania memiliki reputasi sebagai orang yang sangat ramah dan bersahabat. Bagian terbaiknya adalah hampir ke mana pun Anda pergi, Anda akan menemukan seseorang yang berbicara bahasa Inggris, terutama generasi muda.

Dan bahkan jika tidak, mereka akan melakukan yang terbaik untuk mengakomodasi Anda atau mengarahkan Anda ke arah yang benar. Bahkan mereka mungkin menawarkan untuk menemani Anda ke tempat yang Anda butuhkan jika jaraknya tidak terlalu jauh.