0 17 min 1 week

Panduan Perjalanan Wisata Transylvania Di Rumania – Terlalu sering diabaikan oleh massa, Rumania akan membuka mata Anda untuk keindahan alam yang luar biasa dan budaya tradisional yang mengakar.

Panduan Perjalanan Wisata Transylvania Di Rumania

carpinet – Dalam panduan ini, saya akan menawarkan pandangan jujur ​​tentang seperti apa negara itu dan, dengan sedikit keberuntungan, membuat Anda sangat bersemangat untuk merencanakan perjalanan Anda ke Rumania!

Ketika saya memberi tahu orang-orang bahwa saya merencanakan perjalanan ke Rumania, jawaban yang paling sering adalah “mengapa Rumania?”

Tentu saja, rasa ingin tahu bisa menjadi alasan yang baik untuk bepergian ke suatu tempat. Namun, sedikit lebih meyakinkan terkadang dibutuhkan untuk Rumania. Semua orang sudah setuju bahwa, katakanlah, Italia atau Kroasia itu indah, tetapi saya menemukan bahwa apa yang ditawarkan Rumania kurang terkenal daripada tujuan lain yang lebih populer.

Saya dapat mengatakan bahwa Rumania jauh melebihi harapan saya, dan sekarang saya menganggapnya sebagai tujuan perjalanan yang sangat diremehkan . Jadi, biarkan aku membuat nada.

Baca Juga : Hal Yang Wajib Kalian Ketahui Jika Berwisata Di Rumania

Pertama, kota – kota abad pertengahan Rumania jauh lebih berwarna, hidup, dan romantis daripada yang Anda bayangkan, terutama di wilayah barat laut Transylvania  ya, tanah yang terkait dengan Drakula fiksi.

Arsitektur Rumania sangat menyenangkan. Karena sejarah negara itu mundur lebih jauh daripada periode komunis, lupakan asosiasi apa pun yang mungkin Anda miliki dengan negara-negara bekas Blok Timur. Meskipun Anda dapat menemukan beberapa bangunan era sosialis abu-abu, ini sama sekali tidak menentukan karakter banyak kota dan kota di Rumania.

Perpaduan gaya yang berbeda dan pengaruh sejarah Jerman, Hongaria, dan Bizantium membuatku benar-benar terpesona.

Anda dapat melihat pengaruh Saxon di banyak bangunan dan gereja dengan atap yang tinggi dan runcing semacam arsitektur derpy yang dengan cepat menjadi sangat saya sukai.

Tanda-tanda sering ditulis dalam jenis huruf hitam Gotik. Sebaliknya, banyak panel kayu, furnitur, dan bahkan batu nisan yang dihiasi warna-warni dengan detail lukisan tangan yang rumit. Menuju ke pegunungan mungkin melibatkan perjalanan dengan kereta gantung retro tahun 1970-an berwarna merah cerah, menambahkan nuansa Pegunungan Alpen Swiss.

Ini mungkin tidak cukup Wes Anderson-gaya, tapi saya punya ide bahwa sutradara film ini akan memiliki banyak waktu menjelajahi Rumania.

Jika itu bukan alasan yang cukup, beberapa hutan belantara terakhir di Eropa yang belum terjamah juga dapat ditemukan di Rumania.

Pegunungan Carpathian yang perkasa, yang membelah negara itu menjadi dua, berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi banyak spesies yang terancam, termasuk populasi beruang coklat terbesar yang tersisa di Eropa. Dari April hingga Agustus, bangau terlihat bersarang di atas tiang telepon atau listrik yang tersedia.

Terakhir, Rumania telah melestarikan cara hidup tradisional dengan sangat baik. Meskipun terjadi ledakan ekonomi sejak bergabung dengan UE, kehidupan yang lebih sederhana masih lebih dominan di pedesaan. Kereta kuda adalah hal biasa, dan banyak hal masih diproduksi dengan cara yang sangat manual dan artisanal.

Karena kemiskinan relatif di luar kota-kota besar, saya menemukan bahwa kadang-kadang ada kualitas melankolis di Rumania; Namun, ini bukan kesan utama. Terlepas dari itu, menarik untuk melihat bagaimana orang hidup di berbagai bagian negara ini.

Oh, apakah saya menyebutkan bahwa Rumania sangat murah?

Perjalanan saya di Rumania dengan mudah termasuk yang paling murah yang pernah saya alami di Eropa. Dengan begitu banyak alasan untuk mengunjungi Rumania, tidak diragukan lagi biaya rendah pasti harus menutup kesepakatan.

APAKAH RUMANIA AMAN?

Tanpa ragu, saya dapat mengatakan, “YA, Rumania sangat aman!”

Saya sadar bahwa pertanyaan tentang keselamatan di Rumania cukup umum. Sayangnya, meskipun adil, sering kali berasal dari persepsi yang sudah ketinggalan zaman atau sedikit tumpul beberapa gagasan berprasangka tentang Rumania.

Mudah-mudahan, saya dapat membantu memperbaiki ini dan menghilangkan keraguan tentang mengunjungi tujuan ini.

Untuk waktu yang lama, saya telah memperhatikan prasangka tertentu tentang Rumania. Ketika tinggal di Inggris, saya menemukan bahwa beberapa orang Inggris mungkin memiliki beberapa gagasan khusus tentang orang Rumania, yang sering mengambil pekerjaan sementara di Inggris. Banyak yang membingungkan orang Rumania dengan orang Romawi (gipsi) untuk lebih jelasnya, ini adalah dua budaya yang sama sekali tidak terkait, jadi apa pun pendapat Anda, seseorang harus memisahkan keduanya.

Statistik kejahatan untuk Rumania relatif biasa-biasa saja. Terkadang, mereka bahkan mengejutkan dalam arti positif. Misalnya, tahukah Anda bahwa Belgia memiliki catatan perampokan 9,6 kali lebih banyak daripada Rumania? Tentu saja, keselamatan di Belgia jarang dipertanyakan begitulah persepsi versus kenyataan.

Yakinlah, Rumania adalah tujuan wisata yang sangat hangat dan ramah, di mana keamanan seharusnya tidak menjadi perhatian utama.

Karena itu, selama perjalanan Anda ke Rumania, ada baiknya menjaga kesadaran keamanan setiap hari dan selalu mempertimbangkan kemungkinan pencurian kecil-kecilan. Saya pernah mendengar bahwa ibu kota, Bukares, adalah tempat yang paling mungkin untuk ini, terutama di daerah yang ramai. Seperti biasa, ada baiknya juga mendapatkan asuransi perjalanan jika Anda menghadapi tantangan apa pun selama perjalanan.

Satu peringatan tentang keselamatan: Saya menemukan mengemudi Rumania menjadi sangat gila di kali! Anda mungkin mengalami beberapa menyalip yang berani di jalan provinsi dua jalur kecil, atau bertemu kuda atau hewan lain di jalan. Berhati-hatilah jika Anda mengemudi di Rumania, karena keselamatan jalan adalah masalah yang lebih realistis.

PERJALANAN DARAT DI RUMANIA

Saya memilih untuk melakukan perjalanan melalui Rumania menggunakan mobil sewaan; menyewa sedan standar berharga sekitar €20 per hari. Sambil memperhatikan bahaya yang mungkin Anda temui di jalan Rumania, mengemudi sendiri terbukti menjadi cara yang efisien untuk melihat banyak tempat dalam satu perjalanan, termasuk beberapa area di alam yang sulit atau tidak mungkin dijangkau.

Backpacking di Rumania menggunakan transportasi umum juga dimungkinkan. Meskipun saya tidak menggunakan transportasi umum untuk bepergian di Rumania, saya mendengar beberapa cerita dari para pelancong yang frustrasi menggunakan layanan kereta api, yang menurut mereka cukup lambat atau tidak dapat diandalkan. Kemudian lagi, ini adalah cara yang lebih murah untuk bepergian.

Sebuah perjalanan akan memungkinkan Anda untuk mengemudi beberapa jalan yang menakjubkan melalui Pegunungan Carpathian. Pass Transfăgărășan adalah salah satu drive paling terkenal di Eropa. Pastikan untuk hati-hati memeriksa apakah jalan terbuka, karena biasanya hanya selama musim panas. Jika jalur Transfăgărășan ditutup, Anda mungkin lebih beruntung dengan jalan Transalpina, meskipun jalan ini juga tidak selalu buka sepanjang tahun.

Brașov

Kota kecil bersejarah ini adalah titik awal yang ideal untuk perjalanan di Rumania, karena terletak di pusat kota dan memiliki banyak hal untuk dilihat dan dilakukan.

Brașov segera menarik Anda dengan pesona Abad Pertengahan. Kota tuanya terletak di antara dua gunung yang diselimuti hutan, membentuk latar belakang hijau yang indah saat Anda mengintip melalui jalan-jalan dan gang-gangnya yang berbatu. Di atas salah satu gunung ini terdapat tanda ‘BRASOV’ seperti Hollywood agar tidak ada kesalahan tentang di mana Anda berada.

Pusatnya terutama untuk pejalan kaki, dan jalan-jalannya yang ramai dipenuhi dengan kafe-kafe trendi dan toko-toko lucu. Saya telah menulis dua malam untuk Brașov, tetapi saya memperpanjang masa tinggal saya hingga tiga malam setelah melihat pesonanya.

Sekitar 15 km barat adalah kota indah lainnya, Râşnov, yang, tidak mau kalah, juga memiliki tanda bergaya Hollywood belum lagi benteng puncak bukit yang mengesankan.

Hal yang dapat dilakukan di dan sekitar Braşov:

Jelajahi Gereja Hitam , sebuah gereja Gotik bernama “Gereja Hitam” sejak hangus dalam api besar pada abad ke-17.
Naik kereta gantung atau mendaki gunung Tâmpa untuk menikmati pemandangan kota yang indah.
Mendaki di sekitar Benteng Braşov.
Ikuti perjalanan sehari ke Kastil Bran dan Kastil Peles.
Lakukan pendakian ke ngarai tujuh tangga .
Cobalah beberapa Kurtos Kalacs, kue silinder manis yang dipanggang di atas ludah, dijual dari banyak gerobak jalanan.

Kastil Bran (alias Kastil Dracula)

Kota Bran terletak sekitar 10 km sebelah barat Braşov. Di sini Anda dapat menemukan Kastil Bran, yang memiliki sedikit hubungan renggang dengan novel Dracula. Namun, dalam kehidupan nyata, pernah berfungsi untuk menjaga perbatasan antara Transylvania dan Wallachia.

Sudut Dracula jelas berfungsi sebagai pengait pemasaran yang baik untuk pariwisata di Rumania, dan memang cukup menyenangkan. Saya harus tertawa kecil ketika melihat menu restoran yang menawarkan ‘Dracula’s blood wine’ atau ‘Dracula’s favorite cutlet’. Beberapa toko, tentu saja, menjual suvenir yang terinspirasi dari Dracula. Pencitraan merek semacam ini mungkin agak norak, tetapi jika itu membuat lebih banyak orang menenggelamkan gigi mereka ke Rumania yang indah, saya mendukungnya.

Kastil Bran cukup kecil dengan banyak koridor sempit; Saya diberitahu itu akan sangat tersumbat dengan pengunjung di musim tinggi Agustus, meskipun saya menemukan menjelajahi kastil cukup menyenangkan di luar musim.

Peleș Castle , sebuah istana Neo-Renaissance yang dibangun pada awal abad ke-19, mudah digabungkan dalam satu hari perjalanan. Bertentangan dengan beberapa kastil batu yang lebih tua di Rumania, itu terasa lebih seperti tempat peristirahatan alpine untuk bangsawan kaya. Saya merasa menarik karena arsitekturnya yang berani dan taman yang luas di sekitarnya.

Sighișoara

Dengan rumah-rumahnya yang beraneka warna, Sighișoara mungkin merupakan kota paling fotogenik yang saya kunjungi di Rumania. Kota yang dilindungi UNESCO ini memiliki perbedaan sebagai benteng abad pertengahan terakhir yang tersisa di Eropa.

Saat saya berjalan melewati banyak fasad berwarna pastel, saya bisa saja menyipitkan mata dan membodohi diri sendiri bahwa saya berada di kota kolonial di Guatemala. Tentu saja, arsitektur Sachsen dan Gotik yang menyembul dari balik atap mengingatkan saya bahwa saya sebenarnya berada di Rumania.

Di kota bergaya dongeng ini, sebagian kesenangannya hilang di gang-gangnya dan melihat apa yang ada di sana — mungkin Anda menemukan toko barang antik yang lucu, atau mungkin kafe dengan halaman tersembunyi. Ini adalah jenis kota di mana Anda dapat dengan senang hati menikmati minuman dan melihat dunia berlalu begitu saja.

Tangga berlapis kayu Abad Pertengahan yang unik mengarah ke puncak bukit pusat di mana terdapat gereja berbenteng abad ke-13, serta kuburan tua yang indah yang sebagian ditumbuhi bunga liar.

Biertan

Aspek unik Rumania adalah banyak gereja berbenteng, di mana Biertan (sekitar 30 menit dari Sighisoara) adalah contoh yang bagus. Transylvania pernah membentuk perbatasan dengan Kekaisaran Ottoman, yang menyebabkan banyak benteng dibangun di sepanjang pegunungan Carpathian untuk mempertahankan diri dari kemungkinan invasi.

Itu juga menyebabkan benteng gereja yang ada di beberapa kota kecil, mengubahnya menjadi kastil mini dengan menambahkan tembok dan menara.

Gereja berdinding Biertan yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO berada di atas sebuah bukit kecil, mengintip ke atas desa saat Anda mendekat. Itu sering dikatakan sebagai salah satu gereja bertembok terbesar dan paling mengesankan di Transylvania.

Sibiu

Sibiu adalah kota bersejarah lain yang menyenangkan untuk ditambahkan ke rencana perjalanan Rumania Anda. Pusatnya nyaman untuk dilalui dengan berjalan kaki, dengan alun-alun berbatu dan taman rindang tempat para kakek berkumpul untuk bermain catur di sore hari.

Kota ini memiliki beberapa detail aneh, seperti inti Abad Pertengahan yang menampilkan bagian bawah dan atas, serta alun-alun yang dikelilingi oleh bangunan barok dengan kemegahan hampir Wina.

Di Sibiu, saya diperkenalkan dengan rumah-rumah buatan Saxon yang terlihat lucu dan konyol. Atap runcingnya yang tinggi dan jendela loteng yang sempit membuat Anda sangat mudah melihat wajah di dalamnya. Sipitnya mata loteng itu membuat rumah-rumah terlihat, yah, setinggi layang-layang.

The Cathedral Sibiu Lutheran baik dikunjungi. Setelah mendaki menara setinggi 73m melalui tangga batu, melalui ruang latihan paduan suara, dan beberapa tangga kayu penyebab vertigo yang ditutupi sedikit kotoran merpati — Anda akhirnya mencapai menara lonceng gereja. Di atas sini, Anda dapat merangkul Quasimodo batin Anda sambil menikmati beberapa pemandangan indah Sibiu dengan latar belakang pegunungan bersalju yang jauh.

Ngarai Bicaz

Jalan melalui Bicaz Gorge dikenal sebagai salah satu perjalanan paling indah di Rumania dan tentu saja tidak mengecewakan! Itu membelah pegunungan yang mengesankan di Taman Nasional Cheile Bicazului-Hășmaș, berputar dan berputar di antara dinding batu yang monumental.

Karena ngarai Bicaz berada di timur laut negara itu, saya memperdebatkan jalan memutar dari rute melingkar saya melalui jantung Rumania. Meskipun mil tambahan, itu terbukti menjadi tambahan yang bagus untuk rencana perjalanan saya; perjalanannya spektakuler dengan begitu banyak peluang foto.

Di sepanjang jalan, Anda akan melewati bendungan pembangkit listrik tenaga air besar dan Lacul Roșu (danau merah), dinamai sesuai warna yang terkadang diberikan oleh endapan alluvia kemerahan.

Sejujurnya, itu lebih seperti danau hijau ketika saya mengunjungi, tapi itu layak untuk dihentikan. Daerah itu dipenuhi keluarga yang mengadakan BBQ dan ikut serta dalam perayaan karena itu adalah hari libur lokal. Saya suka mengemil Kürtőskalács, semacam roti gula yang digulung seperti ular, dan menonton banyak perahu dayung di danau.

Jalan Transfăgărășan

Transfăgărășan adalah jalan pegunungan yang membentang sejauh 90 kilometer melalui pegunungan Carpathian. Dengan banyak tikungan tajam dan pemandangan spektakuler, ini disebut sebagai salah satu drive terbaik di Eropa dan pernah tampil menonjol di Top Gear.

Sepintas, nama Transfăgărășan tampak tidak bisa diucapkan seperti gunung berapi Eyjafjallajökull di Islandia. Tapi abaikan semua coretan baca saja sebagai Trans faga rasan dan segalanya menjadi lebih mudah.

Saya harus mengakui bahwa pengalaman saya dengan Transfăgărășan terbatas, ketika saya mengemudikan bagian pertama, hanya untuk mengetahui bahwa salju membuat sisanya tetap tertutup hingga 9 bulan setiap tahun. Orang akan berpikir bahwa ini harus menjadi informasi yang relevan, tetapi banyak situs perjalanan yang telah saya konsultasikan sebelum perjalanan saya sama sekali tidak membahas detail penting ini! GRRRrrrr.

Jadi, untuk lebih jelasnya: Transfăgărășan biasanya hanya buka dari Juli hingga September. Saya harus berbalik dan kembali ke tempat saya datang, tetapi saya berharap untuk mengemudikan seluruh rute suatu hari nanti.

Tambang Turda

Tujuan akhir saya di Rumania adalah kota Turda. Ini adalah kota yang cukup biasa-biasa saja yang dapat dengan mudah dilewati jika bukan karena Tambang Turda yang spektakuler.

Saya telah melihat beberapa ranjau dalam perjalanan saya, tetapi tidak ada yang seperti gua besar di Salina Turda. Ketika saya pertama kali melangkah ke jalan setapak di bagian atas aula utama sedalam 112 meter, saya benar-benar tersentak.

Tidak seperti beberapa lubang tambang sempit yang pernah saya lewati sebelumnya, Tambang Turda mencakup beberapa ruang terbuka yang sangat besar. Ini sangat besar karena penambangan telah berlangsung di sini selama hampir seribu tahun (ya, seribu!). Jika saya bisa mengatakannya dengan istilah yang sangat aneh, gua-gua epik ini tampak seperti ciptaan bawah tanah rahasia di Minecraft, sangat tidak mungkin dalam ukurannya yang tipis namun tersembunyi dari dunia di atas.

Jangan berharap untuk belajar terlalu banyak tentang penambangan garam atau sejarah karena hanya ada museum kecil di dalamnya. Namun, ruang tersebut telah diubah secara kreatif menjadi taman hiburan kecil. Ini menampilkan berbagai atraksi pasar malam, termasuk kincir ria, dengan jeritan tawa dan kegembiraan bergema melalui ruang-ruang besar.

Saya membaca beberapa pelancong yang mengeluhkan kurangnya ‘keaslian’, tetapi saya pikir cukup menarik bagaimana tambang itu diberi kehidupan kedua – dan saya sangat merekomendasikan perjalanan itu.

Bahasa

Tidak seperti banyak bahasa Balkan atau Eropa Timur lainnya, bahasa Rumania bukanlah bahasa Slavik tetapi bahasa Latin, jadi jika Anda mengetahui beberapa bahasa Italia atau Spanyol (misalnya), Anda mungkin dapat menguraikannya sedikit. Fakta menyenangkan: Rumania sebenarnya dinamai menurut orang Romawi, yang pernah mereka lihat sebagai leluhur mereka.

Orang Rumania yang lebih muda cenderung berbicara bahasa Inggris dengan cukup baik, seperti halnya mereka yang bekerja di industri pariwisata, sehingga komunikasi jarang menjadi masalah.

Gangguan

Meskipun bukan masalah keamanan, Anda mungkin akan menemui pengemis dari waktu ke waktu di daerah yang sering dikunjungi turis. Meskipun saya tidak mengalami ini secara pribadi, saya telah mendengar beberapa cerita tentang beberapa pengemis yang gigih dan menjengkelkan.

Perlu diketahui bahwa beberapa pengemis Roma mungkin tidak membutuhkan tetapi hanya terburu-buru, jadi sejujurnya jangan merasa terlalu tertekan untuk memberi. Pastikan untuk tidak pernah memberikan apa pun kepada anak-anak, karena ini dapat menciptakan insentif yang salah.